RSS

Laporan Pengamatan Persidangan Ke Pengadilan Negeri Samarinda

12 Mei

laporan pengamatan ke pengadilan negeri Samarinda

ACARA PERSIDANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN

TERHADAP TERDAKWA MULYADI ALS YADI BIN SOHOR

DI PENGADILAN NEGERI SAMARINDA

17 November 2011

LAPORAN PENGAMATAN

Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas

Mata Kuliah Praktik Peradilan Pidana

Logo Universitas Mulawarman

Disusun Oleh

AMI KADIR

  0810015173

FAKULTAS HUKUM

UNIVEERSITAS MULAWARMAN

SAMARINDA 2011

LAPORAN PENGAMATAN

A.    Judul Kegiatan

Acara persidangan tindak pidana pencurian terhadap terdakwa MULYADI ALS YADI BIN SOHOR di pengadilan negeri samarinda 17 November  2011.

B.     Tujuan Pengamatan

  1. Mengetahui jalannya persidangan
  2. Menambah pengetahuan dan wawasan dalam bidang hukum
  3. Memenuhi tugas mata kuliah Praktik Peradilan Pidana

C.     Jenis Kegiatan

Mahasiswa/semester VII ( tujuh ) tahun ajaran 2011/2012 Fakultas Hukum Universitas Mulawarman ( UNMUL ) Samarinda melakukan pengamatan jalannya persidangan di Pengadilan Negeri Samarinda.

D.   Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Pengadilan Negeri Samarinda  Jl. Moch. Yamin, Samarinda.

E.     Waktu Kegiatan

Pengamatan jalannya persidangan di Pengadilan Negeri Samarinda dilaksanakan pada  :

Hari                 : Kamis

Tanggal           : 17 November 2011

F.      Uraian Kegiatan

No. perkara : 820/PID.B/2011/PN.SMDA

Persidangan terbuka untuk umum Pengadilan Negeri Samarinda, yang mengadili perkara-perkara pidana dengan acara pembacaan putusan majelis hakim atas perkara terdakwa, yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 17 November 2011, pukul 14.00 WIB.

Susunan peserta yang mengikuti persidangan :

Mulyadi Als YadiI Bin Sohor sebagai terdakwa,

Farulian Lumbat Toruan, SH, MH sebagai hakim ketua majelis,

I Gede Suwarsana, SH & M. Tuafik , SH sebagai hakim anggota,

Sukri sebagai panitera pengganti,

Sri Lukmini, SH sebagai  jaksa penuntut umum.

Setelah sidang dibuka dan dinyatakan terbuka untuk umum, hakim ketua majelis memerintahkan kepada jaksa penuntut umum untuk menghadapakan terdakwa ke muka persidangan. Terdakwa datang menghadap ke muka persidangan dalam keadaan bebas. Atas pertanyaan hakim ketua, terdakwa menyatakan dalam keadaan sehat serta bersedia mengikuti persidangan dan penuntutan perkaranya pada hari ini.

Selanjutnya atas pertanyaan hakim ketua, terdakwa mengaku :

Nama MULYADI ALS YADI BIN SOHOR
Tempat Lahir MUARA ANCALONG (KUTIM)
Tanggal Lahir 21/10/1978
Jenis Kelamin Laki-laki
Alamat JL. PADAT KARYA RT.73 No.25 LOA BAKUNG SAMARINDA
Agama Islam
Status Kawin
Pekerjaan SWASTA
Warga Negara Indonesia
Pendidikan D3

       Atas pertanyaan hakim ketua, terdakwa menyatakan bahwa dalam perkara ini akan menghadapi sendiri tanpa didampingi oleh penasihat hukum. Selanjutnya hakim ketua memberikan kesempatan kepada jaksa penuntut umum untuk membacakan surat tuntutannya tertanggal 17 November 2011, yang menyatakan :

Kesatu
Primair :

Bahwa ia terdakwa MULYADI ALS YADI BIN SOHOR pada hari Rabu tanggal 08 Juni 2011 sekira jam 19.00 wita atau setidak-tidaknya pada waktu lain dalam bulan Juni 2011 bertempat di Jl. Untung Suropati Komp. GTL Blok CCC No.06 RT.19 Kel. Karang Asam Samarinda atau masih dalam tahun 2011 atau setidak-tidaknya pada tempat-tempat lain yang masih termasuk dalam daerah hukum Pengadilan Negeri Samarinda yang berwenang memeriksa dan mengadili perkara ini “Memberi atau menjanjikan sesuatu, dengan menyalahgunakan kekuasaan atau martabat dengan kekerasan, ancaman atau penyesatan atau dengan memberi kesempatan, sarana atau keterangan, sengaja menganjurkan orang lain supaya melakukan perbuatan pencurian di waktu malam dalam sebuah rumah atau pekarangan tertutup yang ada rumahnya, yang dilakukan oleh orang yang adanya disitu tidak diketahui atau dikehendaki oleh yang berhak yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu yang untuk masuk ketempat melakukan kejahatan atau untuk sampai pada barang yang diambilnya dilakukan dengan merusak, memotong atau memanjat atau dengan memakai anak kunci palsu, perintah palsu atau pakaian jabatan palsu”.

Perbuatan terdakwa sebgaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 55 ayat (1) ke-2 KUHP jo Pasal 363 ayat (1) ke-3,ke-4 dan ke-5 KUHP.

Subsidair :

Bahwa ia terdakwa MULYADI ALS YADI BIN SOHOR pada hari Rabu tanggal 08 Juni 2011 sekira jam 19.00 wita atau setidak-tidaknya pada waktu lain dalam bulan Juni 2011 bertempat di Jl. Untung Suropati Komp. GTL Blok CCC No.06 RT.19 Kel. Karang Asam Samarinda atau masih dalam tahun 2011 atau setidak-tidaknya pada tempat-tempat lain yang masih termasuk dalam daerah hukum Pengadilan Negeri Samarinda yang berwenang memeriksa dan mengadili perkara ini,” Sengaja memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan pencurian diwaktu malam dalam sebuah rumah atau pekarangan tertutup yang ada rumahnya, yang dilakukan oleh orang yang adanya disitu tidak diketahui atau dikehendaki oleh yang berhak yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu yang untuk masuk ketempat melakukan kejahatan atau untuk sampai pada barang yang diambilnya dilakukan dengan merusak, memotong atau memanjat atau dengan memakai anak kunci palsu, perintah palsu atau pakaian jabatan palsu”.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 56 ke-2 KUHP jo Pasal 363 ayat (1) ke-3, ke-4 dan ke-5 KUHP.

Atau Kedua :

Bahwa ia terdakwa MULYADI ALS YADI BIN SOHOR pada hari Rabu tanggal 08 Juni 2011 sekira jam 19.00 wita atau setidak-tidaknya pada waktu lain dalam bulan Juni 2011 bertempat di Jl. Untung Suropati Komp. GTL Blok CCC No.06 RT.19 Kel. Karang Asam Samarinda atau masih dalam tahun 2011 atau setidak-tidaknya pada tempat-tempat lain yang masih termasuk dalam daerah hukum Pengadilan Negeri Samarinda yang berwenang memeriksa dan mengadili perkara ini, “Menjadikan sebagai kebiasaan untuk sengaja membeli, menukar, menerima gadai, menyimpan, atau menyembunyikan barang yang diperoleh dari kejahatan”.

G.    Jadwal Kegiatan

Hari dan

tanggal

Waktu

Kegiatan

Kamis

17 November 2011

13.00-13.20

13.20-14.30

15.30-16.00

Berangkat dari kampus Universitas Mulawarman menuju Pengadilan Negeri Samarinda.

Sampai di Pengadilan Negeri Samarinda dan mengikuti persidangan serta mengambil data dan dokumentasi.

Selesai persidangan dan perjalanan pulang ke rumah.

H.       Saran

Kegiatan kunjungan ke Pengadilan Negeri Samarinda guna mengikuti jalannya persidangan diharapkan harus lebih sering dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Hukum sebagai sarana untuk menambah pengetahuan. Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mempelajari dan memperhatikan tata cara persidangan. Dan kegiatan ini saya harapkan dapat dikordinasikan dengan baik oleh pihak Fakultas Hukum Universitas Mulawarman Samarinda.

I.       Penutup

Laporan pengamatan ini penulis susun setelah melakukan pengamatan langsung di Pengadilan Negeri Samarinda. Penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing atas ilmu yang telah penulis dapatkan, kepada bunda dan keluarga atas segala Doa untuk penulis dan teman-teman yang seperjuangan atas semua motivasi yang diberikan kepada penulis. Penulis berharap laporan pengamatan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 12, 2012 in Hukum

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: