RSS

Perkembangan Teknologi Komunikasi

16 Mei

D I S U S U N

OLEH :

AMI KADIR                            NIM : 0810015173

FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS MULAWARMAN

2009 / 2010

Kata Pengantar

Puji Syukur kehadirat ALLAH SWT atas segala rahmat dan karunianya sehingga saya dapat menyusun makalah yang berjudul.

“Perkembangan Teknologi Komunikasi”

Pertimbangan penyusunan makalah ini, karena untuk menyelesaikan tugas TIK dan ingin mengantarkan pembaca agar lebih mengenal tentang pekembangan teknologi komunikasi. Melalui makalah ini kami harap dapat meningkatkan kemampuan pembaca sesuai dengan potensinya, baik diranah kognitif, efektif, maupun psikomotorik, sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri bagi pembaca.Akhir kata dari saya dalam pembukaan ini, Semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, Amin.

Daftar Isi

Halaman judul

Kata pengantar

BAB I  Pendahuluan

A. Latar belakang

B. Tujuan

C. Manfaat

BAB II Pembahasan

A. Perkembangan Teknolgi Komunikasi

BAB III Penutup

A. Kesimpulan

B. Saran

Daftar Pustaka

BAB I

Pendahuluan

  1. A. Latar Belakang

Makalah ini sengaja ditulis dengan gaya bahasa sehari-hari yang sangat mudah  dipahami  dan  dimengerti.  Mkalah ini disusun berdasarkan bab-bab, sehingga pembaca dapat dimudahkan untuk mencari pokok persoalan yang telah dibaca.

Dalam penyusunan makalah ini tidak ada maksud apa-apa kecuali hanya mengajak  para  pembaca  untuk  memahami  “Perkembangan  Teknologi Komunikasi” dan penyusunan makalah ini untuk memenuhi tugas IKD tahun ajaran 2009/2010. semoga kita dapat memahami perkembangan teknolgi komunikasi

  1. B. Tujuan

Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah:

1. Untuk memenuhi tugas IKD tahun pelajaran 2009/2010.

2. Untuk mengajak pembaca agar mengetahui dan memahami perkembangan teknologi kominikasi.

3. Untuk mengajak pembaca agar dapat memahami perbedaan teknologi komunikasi sekarang dengan zaman dahulu.

C. Manfaat

Adapun manfaat yang kita peroleh dari membaca makalah ini sebagai berikut :

1. Menambah pengetahuaan tentang TIK

2. menambah wawasan tentang perkembangan teknologi komunikasi.

3. Dapat mengetahui seluruh informasi dari berbagai media komunikasi.

4. Memudahkan pembaca dalam mencari informasi.

BAB II

Pembahasan isi

  1. Perkembangan Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi yang digunakan pada zaman dahulu masih sangat sederhana. Karena pada saat itu manusia saling berjauhan, maka dibutuhkan alat untuk menyampaikan pesan pada orang lain.

Alat komunikasi yang tertua yang pernah dilakukan adalah isyarat. Isyarat yang digunakan biasanya asap atau suara-suara yang sengaja diciptakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Tetapi menyampaikan pesan menggunakan asap bergantung dengan cuaca. Bila cuaca cerah asap sangat jelas terlihat, bila cuaca buruk asap sukar terlihat.

Akhirnya ditemukan alat baru, yaitu dengan cara menulis pesan dan mengirimkannya menggunakan burung merpati, lalu surat-surat itu diantarkan dengan berlari dan dengan kuda.Berbeda dengan saat ini perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat. Berbagai media komunikasai memudahkan kita untuk menerima pesan apapun yang dikirimkandari mana saja. Kita mengetahui apa yang terjadi dibelahan bumi hampir pada saat bersamaan.

Contoh media komunikasi pada saat ini diantaranya :

a. Media cetakYang termasuk media cetak yaitu :

1. Surat

Pengiriman surat saat ini sangat mudah dan cepat. Mengirim melalui surat mempunyai keuntungan tersendiri. Kita dapat menulis pesan secara lengkap dan terperinci. Kita memerlukan perangko untuk mengirimnya.

2. Koran, Majalah, Tabloid, dan buku-buku

Koran, majalah, tabloid, dan buku-buku memberikan pengetahuan tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia secara tertulis. Tetapi berita dikoran biasanya terlambat satu hari karena surat kabar harus melalui proses cetak dan edar.

b. Media Elektronik

Yang termasuk media elektronik yaitu :

  1. Televisi

TV ditemukan oleh orang skotlandia bernama john logie baird pada tahun 1925. saat pertama kali dibuat, televisi hanya berwarna hitam putih. Sesuai perkembangan zaman, TV sekarang sudah berwarna.

  1. Radio

Siaran radio dipancarkan dari stasiun pemancar radio ke satelit lalu dari satelit ke rumah-rumah penduduk. Ada radio dari frekuensi AM dan ada juga yang  FM.  Siaran  radio  dapat  menyampaikan  berita  dan  informasi  tentang peristiwa disaat itu juga. Ada radio yang menggunakan listrik, dan ada juga yang menggunakan baterai.

  1. Telepon

Telepon adalah  media komunikasi yang cuup cepat untuk berbicara dengan seseorang kita hanya tinggal memijat atau memutar nomor orang yang akan kita ajak bicara. Bila telah tersambung kita bisa langsung komunikasi. Telepon ditemukan oleh seorang Amerika bernama Alexander Graham bell pada tahun 1876.

  1. Internet

Dengant  internet  kita  bisa  mengtahui  berita-berita  apapun  melalui computer yang dihubungkan dengan telepon atau melalui telepon genggam yang mempunyai fasilitas internet.

  1. SMS ( short massage service )

Pengiriman berita dan informasi melalui sms hanya bisa digunakan bila kita mempunyai telepon genggam, karena sms merupakan salah satu dari fasilitas telepon genggam. Sms ini baru berlaku bila kedua belah pihak telepon genggam.

BAB III

Penutup

  1. A. Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa pada zaman dahulu bekomunikasi sangat sulit, berbeda dengan zaman sekarang ini. Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat mudah. Hampir semua orang sekarang dapat berkomunikasi dengan  cepat  dan  mudah.  Sesuai  dengan  perkembangan  zaman  teknologi komunikasi semakin berkembang dan terus berkembang.

  1. B. Saran

Dalam  kesempatan  kali  ini,  kami  hanya  dapat  menyerahkan  bahwa pergunakanlah teknologi dengan sebaiknya, jangan pergunakan untuk berbuat jahat dan merusak moral anak bangsa.

Daftar Pustaka

Dikutip dari :

1. Tabloid Pulsa edisi XVII tentang komunikasi, 14 mei 2008.

2. Harian Kompas, 18 Februari 2008.

3. Harian poskota, rubrik  komunikasi dan sellular, 21 Juni 2009.

4. http://www.google.co.id perkembangan

tekhnologi dan komunikasi. Diakses 29 November 200

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 16, 2010 in Hukum

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: